Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh (Dok. Seruu.Com)

Jakarta, Seruu.com - Ujian Nasional (UN) 2013 tingkat SMA/MA/SMK hari pertama telah selesai dilaksanakan, Senin (15/4). Namun agenda rutin tahunan yang menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh telah dipersiapkan dengan baik ini ternyata menyisakan sejumlah catatan kesalahan.

Berikut daftar sementara kesalahan UN 2013 yang berhasil kami kumpulkan :

1. H-3 pelaksanaan UN, Jumat (12/4), seharusnya naskah soal sudah berada di provinsi. Tapi fakta di lapangan, banyak daerah belum menerima naskah UN yang akan diujikan 15 April 2013.

2. H-3 pelaksanaan UN, diketahui selain banyak daerah yang belum menerima naskah, juga terjadi kesalahan dalam pengiriman. Tercatat, satu karung naskah UN Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau nyasar ke Sumatera Utara karena keliru dalam penulisan alamat.

3. H-2 pelaksanaan UN, Minggu (14/4), karena distribusi UN belum sampai, Mendikbud Mohammad Nuh resmi mengumumkan pengunduran UN di 11 provinsi dari jadwal semula 15 April ke 18 April 2013. Tidak serentaknya pelaksanaan UN ini merupakan yang pertama kali terjadi sejak Indonesia merdeka.

4. Hari pertama UN, Senin (15/4), terdapat kekurangan ratusan paket soal di sejumlah kabupaten/kota di Sumatera Utara. Hal ini juga terjadi di Bandung, baik soal IPA, IPS maupun SMK. Solusinya dibuat kebijakan yang membolehkan penggandaan (copy) naskah UN untuk menutupi kekurangan.

5. Hari Pertama UN, Senin (15/4), delapan sekolah di Padangsidempuan, 10 sekolah  di Tebing Tinggi dan 1700 siswa jurusan IPS di Mandailing Natal (Madina), menunda UN hari pertama karena tidak menerima naskah soal.

6. Hari pertama UN, Senin (15/4), di Bandung juga terjadi kekacauan pelaksanaan UN karena naskah UN hari pertama yang seharusnya Bahasa Indonesia, namun isi dalam amplop soal ternyata Bahasa Inggris.

7. Hari pertama UN, Senin (15/4), masih di Bandung, SMK Cendikia dikasih jatah naskah UN untuk SMA. [ms]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU