Ilustrasi

Jakarta, Seruu.Com - Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2014 diperkirakan masih bisa tumbuh hingga di atas 5,5 persen. Faktor yang mendorong terjadinya pertumbuhan ekonomi adalah konsumsi domestik menjelang pemilihan umum (Pemilu).

"Pertumbuhan ekonomi bisa saja mencapai diatas 5,5 persen. Saya rasa yang memberikan kontribusi terhadap terjadinya pertumbuhan ekonomi dari spending konsumsi domestic jelang pemilu," ujar Peneliti Pusat Penelitian (P2) Ekonomi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Maxensius Tri Sambodo, di Gedung LIPI, Jakarta, Selasa (17/12/2013).

Pengadaan logistik jelang pemilu, menurut Maxensius, selalu menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi di tahun pemilu, namun, situasi keamanan harus kondusif.

"Karena menjelang pemilu itu orang spending banyak ya, bikin kaos, bikin sablon, kertas, multiplier effect nya banyak dari persiapan logistik pemilu, dan itu bisa menjadi andalan kita. Tapi syaratnya itu kondusif," kata Maxensius.

Di tempat terpisah, Ekonom UBS Investment Research Edward Teather, berpendapat, Pemilu akan memberi kontribusi tersendiri terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, melalui peningkatan konsumsi domestik, terutama dari para calon legislatif.

"Selanjutnya, tergantung siapa yang memimpin," pungkas Edward.

[BWO]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU