Andri Yansyah (Foto)

Jakarta,Seruu.Com - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) kini telah resmi tidak boleh lagi beredar di DKI Jakarta. Pemerintah Provinsi DKI mengemukakan alasannya.

 
Akhirnya, dengan sangat terpaksa, kita hentikan. Hari ini resmi pertama kali APTB dilarang masuk ke Jakarta.
 
Alasan dari pelarangan APTB masuk Jakarta, Andri menjelaskan, Pemprov DKI sudah ditegur oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. Dasar legal beroperasinya APTB dinilai Kementerian Perhubungan lemah, yakni hanya berupa Surat Keputusan (SK) bersama antara Dinas Perhubungan DKI, Jawa Barat, dan Banten. Untuk ukuran operasi lintas provinsi demikian, seharusnya perizinan ada di level kementerian.
 
Alasan kedua, kebetulan Pemprov DKI juga sedang mengusahakan pengintegrasian trayek antar wilayah dalam naungan Transjabodetabek, yang dikelola oleh Dinas Perhubungan DKI dan PT Trans Jakarta. Kita akan mengintegrasikan trayek itu dalam satu Transjabodetabek, kata Andri.
 
Sejarah APTB beroprasi, SK bersama untuk pengoperasian APTB itu terbit dan bus-bus APTB beroperasi sejak 2012 lampau. Dulu, dua opsi ditawarkan kepada APTB. Opsi pertama, APTB boleh masuk ke Jakarta namun harus menggunakan trayek busway tanpa memungut tarif kepada masyarakat. Opsi kedua, APTB tak boleh masuk Jakarta dan hanya berfungsi sebagai pengumpan untuk bus-bus Trans Jakarta saja. 
 
APTB mengambil opsi kedua, yakni tidak masuk ke Jakarta hanya saja dulu ada kelemahan kita dalam hal pengawasan, lama-kelamaan APTB masuk juga ke Jakarta dan memungut Rp 5 ribu ke penggunanya dan ini kita tidak mau lagi, kata Andri. (GS)

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU